Kondisi Fiisk Wilayah Indonesia

letak suatu wilayah dipermukaan bumi dapat dilihat dari berbagai segi, anatar lain dari segi ekonomis, geologis, sosial ekonomis, kultural-historis dan geografis.Posisi satu negara dapat mendatangkan berbagai konsekuensi, baik yang bersifat positive maupun negative. Bagi Indonesia, berbagai konsekuensi tersebut dapat kita lihat berdasarkan letak astronomis, geologis, kultural historis, sosial ekonomis, dan geografis


A. Letak Astronomis

         letak astronomis suatu negara ialah letak negara itu berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang dapat dikatan sebagai absis dan garis bujur sebagai ordinat. Oleh sebab itu, garis lintang dan gari bujur disebut koordinat geografis yang sangat penting dalam menentukan letak suatu tempat atau negara di permukaan bumi.


Masih ingatkah kalian  apa yang dimaksud dengan garis lintang dan garis bujur? berdasarkan letak lintang, Indonesia berada di antara 6° LU - 11° LS. Oleh sebab itu, Indonesia adalah negara yang dilewati garin Khatulistiwa.

letak lintang yang demikian berpengaru besar terhadap keadaan alam Indonesia, salah satunya adalah Indonesia beriklim tropis dengan temperatur udara rata ratanya 36,3°C. 
Berdasarkan letak lintang tersebut, letak Indonesia adalah sebagai berikut:
1) Indonesia di sebelah utara terletak pada 6° LU dan selatannya 11° LS. 
2) lebar lintang Indonesia adalah 17° atau sepanjang 1.888 km lebih. 
3) sebagian besar wilayah Indonesia berada dibelahan bumi selatan.
berdasarkan letak bujurnya,Indonesia terletak diantara 95° BT sampai 141° BT. jadi, panjang bujur Indonesia adalah 46° atau 5.111km.

Letak Astronomis Indonesia
Letak Astronomis Indonesia

B. Letak Geologis

letak geologis suatu negara ialah letak negara itu berdasarkan keadaan batuan di dalam tubuh buminya. letak geoligis ini membawa akibat bagi bangsa Indonesia, salah satunya tanah Indonesia subur karena banyak mengandung lapisan tanah vulkanik muda.

C. Letak Kultural Historis.
   
    letak kultural historis adalah letak negara itu di lihat dari perkembangan kebudayaan dan sejarahnya. Indonesia merupakan perpaduan berbagai kultur (budaya), antara lain, kebudayaan Hindu, Budha, Tionghoa, islam, dan kebudayaan barat. hal ini menyebabkan bangsa Indonesia kaya akan berbagai budaya yangberwujud budaya daerah.

D. Letak Sosial Ekonomi

Letak sosial ekonomi suatu negara ialah letak negara itu dilihat dari keadaan masyarakat yang mengelilinginya. dengan letak sosial itu, Indonesia memiliki banyak persamaan dengan keadaan masyarakat di negara negara tetangganya. persamaan tersebut adalah sebagai berikut:
1)warna kulit sawo matang
2)umumnya bekas jajahan
3) umumnya tergolong negara yang berkembang
4) pertumbuhan penduduk yang cepat
5) religiusitas masyarakat.

E. Letak Geografis

letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataan dibumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografis ditentukan pula oleh segi astronomis, geologis, fisiografis dan social budaya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kondisi Fiisk Wilayah Indonesia"

Posting Komentar