Luas Wilayah Indonesia serta Pengaruhnya

1) Luas wilayah dalam arti Ekonomi

Negara yang luas mempunyai kemungkinan menghasilkan berbagai macam hasil tambang dan pertanian yang banyak. Wilayah tanah air kita yang cukup luas dapat memberikan ruang hidup bagi penduduknya untuk meningkatkan kesejahteraannya karena hal-hal berikut.:

a) Wilayah yang luas dapat memperbesar hasil/ produksi pertanian meskipun harus dilakukan secara ekstensif, khususnya diluar Jawa yang masih luas wilayahnya.

b) Wilayah Indonesia yang luas, banyak mengandung bahan tambang, seperti minyak bumi, baik yang ada didaratan maupun didasar laut. Misalnya, Bijih timah, Bijuh nikel, Bijih tembaga, dan Bijih alumunium.

Gambar pertambangan Timah di Indonesia
Gambar pertambangan Timah di Indonesia

c) Hutan yang masih cukup luas dapat menghasilkan berbagai macam hasil hutan , seperti kayu, rotan, dan damar.

d) Wilayah laut Indonesia yang luas banyak mengundang berbagai macam ikan dan tumbuhan laut serta garam.

2) Luas wilayah dan corak kebudayaan

semakin luas wilayah suatu negara, makin banyak jenis kebudayaannya. Dengan demikian corak kebudayaannya makin bervariasi. misalnya, bahasa, adat istiadat, kesenian, pakaian, dan perhiasan. meskipun Indonesia memiliki beraneka ragam suku dan kebudayaan. kita tetap satu (tunggal) hal itu sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

3) Luas wilayah dalam artian sosial

Penduduk Indonesia dengan pertumbuhnnya yang cepat, jika tidak tersedia ruang hidup yang luas akan mengakibatkan terjadinya tekananan sosial yang berat. dengan wilayah tanah air yang luas dan persebaran penduduk yang tidak merata, memungkinkan kita mengadakan perpindahan penduduk dari satu pulau ke pulau lain yang masih sedikit penduduknya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Luas Wilayah Indonesia serta Pengaruhnya"

Posting Komentar