sejarah sepakbola indonesia

sejarah sepak bola indonesia
  sepak bola adalah permainan yang banyak diminati saat ini , baik anak2 , para remaja , ataupun orang dewasa. sepak bola dimainkan oleh 2 tim yang per tim nya di isi oleh 11 orang , 10 orang pemain dan 1 kiper , alat yang di mainkan adalah bola yang terbuat dari bahan kulit.

SEPAK BOLA INDONESIA 

kostum PSSI versi warna hijau

sepak bola indonesia di mulai pada tahun 1914 , saat itu indonesia masih di jajah oleh pemerintah belanda. kompetisi di kota jawa hanya di juarai oleh 2 tim saja / hanya di dominasi oleh 2 tim saja. yaitu, batavia city dan soerabaja city.

sepak bola modern indonesia dimulai dengan adanya PSSI (persatuan sepakbola seluruh indonesia). pada tahun 1930 di yogyakarta yang di ketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo. PSSI lahir dengan tujuan menyemangati benih-benih nasionalisme di dada pemuda2 indonesia. pada era sebelum tahun 1970-an , beberapa pemain indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional. dalam perkembangannya PSSI telah memperluas kompetisi sepakbola dalam negri. diantaranya dengan mengadakan liga super indonesia, divisi utama, divisi satu, divisi dua untuk pemain non amatir, serta divisi tiga untuk pemain amatir. selain itu juga PSSI aktif mengembangkan kompetisi sepakbola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19, U-21, dan ,U-23)

sayangnya sepakbola indonesia belum mampu merubah prestasi di kancah internasional. butuh manajemen bola yang bertekad untuk merubah sepakbola indonesia menjadi lebih baik lagi.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "sejarah sepakbola indonesia"

Posting Komentar