ASEAN



ASEAN

Asean kepanjangan dari “Association of Southheast Asian Nations”atau perhimpunan bangsa bangsa asia tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1867 di bangkok,thailand. ASEAN didirikan dengan
lima negara pemrakarsa yaitu: indonesia,malaysia,filipina,singapura,dan thailand di bangkok melalui deklarasi bangkok.kini jumlah anggota ASEAN ada 10 negara.
ini gambar ASEAN Community
 
Tujuan pembentukan ASEAN adalah:
1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan ASEAN, melalui usaha bersama dalam kesamaan dan persahabatan untuk memperkokoh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa ASEAN yang sejahtera dan damai.
2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional ASEAN dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum di dalam hubungan antara negara-negara di kawasan ini serta mematuhi prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
3. Meningkatkan kerja sama yang aktif serta saling membantu di dalam masalah-masalah kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, kebudayaan, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi sesama anggota ASEAN.
4. Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana latihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesional, teknik, dan administrasi.
5. Bekerja sama dengan lebih efektif dalam meningkatkan penggunaan pertanian serta industri mereka, perluasan perdagangan komoditas internasional, perbaikan sarana-sarana pengangkutan dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup rakyat mereka.
6. Memelihara kerja sama yang erat dan berguna dengan organisasi-organisasi internasional dan regional yang ada, dan menjajaki segala kemungkinan untuk saling bekerja sama secara lebih erat di antara mereka sendiri.



 


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "ASEAN"