manusia sebagai makhluk sosial


Manusia sebagai makhluk sosial

secara kodrati, manusia juga disebut makhluk sosial.manusia sebagai makhluk sosial adalah manusia yang memilikin kemampuan, kebutuhan, dan kebiasaan untuk berkomunikasi dan berhubungan, serta berorganisasi dengan manusia lain.

ARISTOTELES mengatakan bahwa manusia sebagai zoon politicon dengan kata lain,manusia merupakan homo socius. homo berarti manusia, sedangkan socius berarti kawan. jadi, manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain 

seorang bayi yang lahir tentu tidak dapat hidup tanpa diasuh oleh orang lain atau orang tua. ia harus diajari makan, berjalan, berbicara, bermain, dan belajar. oleh karena itu, sejak lahir manusia sudah berhubungan dengan manusia lain. manusia harus berhubungan dengan manusia lain agar  dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. kebutuhan hidup manusia, seperti makanan, pakaian, perumahan, dan kesehatan.manusia dalam mendapatkan kebutuhannya itu, memerlukan bantuan orang lain . segala kebutuhan manusia tidak menjalin kerja sama yang baik dengan manusia lain. manusia bekerja sama memenuhi kebutuhan hidup, baik meteril maupun spritual dalam melanjutkan kehidupannya dan mempertinggi derajat kemanusiaan.

hubungan kerja sama antar manusia itu akan membentum satu kelompok . pengelompokan antarmanusia ini didasarkan pada kemampuan berkomunikasi, mengungkapkan rasa, dan kemampuan bekerja sama. akibatnya, manusia akan memiliki nilai solidaritas, nilai berorganisasi, dan nilai kebersamaan. pengelompokan manusia tersebut akan membentuk suatu masyarakat. masyarakat adalah sekumpulan manusia yang hidup bersama da terikat adanya kepentingan, serta saling memengaruhi.

di dala lingkunga, masyarakat manusia berusaha untuk menyesuaikan diri agar terjadi keserasian hidup. namun, dalam penyesuaian diri tersebut terkadang terjadi benturan kepentingan antara manusia satu dengan lain sehingga berakibat adanya ketidaktaatan di masyarakat. untuk itulah diperlukan adanya aturan, kaidah, tuntunan, ataupun pedoman hidup dalam kehidupan masyarakat sehingga akan tercipta keserasian dan ketentraman hidup.

ini gambar makhluk sosial

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "manusia sebagai makhluk sosial"

Posting Komentar